Belajar Bahasa Jepang Dasar Mudah, Yuk!

(source : optilingo.com)

Mempelajari bahasa asing saat ini merupakan sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan. Perkembangan zaman dan teknologi mengharuskan setidaknya kita untuk bisa menguasai 1 bahasa asing. Bahasa asing yang wajib kamu kuasai adalah bahasa inggris. Selain digunakan untuk komunikasi secara internasional, bahasa inggris juga akan membantu kamu, kalau kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, untuk kamu yang ingin menguasai bahasa asing selain bahasa inggris, saya merekomendasikan kamu untuk belajar bahasa Jepang. Bahasa Jepang bisa kamu pilih, karena banyak diminati dan dipelajari selain bahasa China dan Korea. Untuk kamu  yang ingin memulai belajar bahasa Jepang namun bingung dari mana mulainya, berikut akan saya berikan tips dan triknya.

 1. Pelajari Hiragana dan Katakana


(source : pinterest.com)





















Pertama kamu harus mulai dari mempelajari kana (hiragana dan katakana) terlebih dahulu. Mulailah menghafal huruf per huruf nya mulai dari “a,i,u,e,o” dst, sampai benar-benar hafal. Bahasa Jepang sendiri terbagi menjadi beberapa huruf mulai dari hiragana, katakana dan juga kanji. Untuk kamu yang baru memulai belajar bahasa Jepang diwajibkan untuk menghafal hiragana dan katakana terlebih dahulu. Hukumnya wajib untuk menghafal hiragana dan katakana karena akan menjadi pondasi utama kita dan memudahkan kita untuk mempelajari bahasa Jepang lebih lanjut.


2. Catat dan Tulis


(source : unsplash.com)
















Kedua setelah kamu berhasil mempelajari hiragana dan katakana kamu diharuskan untuk mencatat dan menulis kembali. Hal ini bisa membuat kamu untuk mudah menghafalnya. Dengan mencatat dan menulis kembali hiragana dan katakana kamu akan semakin mudah untuk menghafalnya, selain itu kamu juga bisa membuat dan merangkai kata dari hiragana dan juga katakana. Semakin sering kamu mencatat dan menulis, maka kamu akan semakin mudah untuk menghafal hiragana dan juga katakana

3. Hafalkan Kata Sehari-hari yang Umum Digunakan


(source : wikihow)
















Ketiga kamu bisa menghafal kata sehari-hari yang sering dan umum digunakan. Misalnya seperti ;
“Ohayou Gozaimasu = Selamat pagi”
“Arigatou = Terima kasih”
“Moshi-moshi = Halo”
“Konnichiwa = Selamat sore”
“Konbanwa = Selamat malam”
dan juga kata-kata umum lain yang sering digunakan. Ingat mulai mempelajari dari yang mudah terlebih dahulu.

4. Gunakan Berbagai Macam Media Pendukung


(source : unsplash)
















Keempat kamu bisa memanfaatkan berbagai macam media pendukung yang kamu miliki. Dari media online kamu bisa mengakses situs belajar bahasa jepang yang ada di internet. Selain itu kamu bisa membuka Youtube untuk membantu kamu dalam mengembangkan belajarmu. Media cetak seperti buku dan kamus juga bisa kamu pilih untuk mempelajari bahasa Jepang. Kamu bisa membeli buku belajar bahasa jepang di toko buku. Kalau untuk kamu yang baru memulai carilah buku yang mengenalkan hiragana dan katakana, selain itu biasanya buku itu membahas juga bahasa jepang secara keseluruhan, jadi kamu tinggal membaca informasi yang ada di buku tersebut. Media lain yang bisa kamu gunakan adalah smartphone. Di zaman yang sudah sangat canggih ini kamu bisa mempelajari berbagai macam bahasa hanya dengan smartphone. Kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi belajar bahasa seperti Duolingo, Memrise, Hellotalk, dan juga aplikasi lainnya melalui smartphonemu. Hal ini sangat praktis, karena kamu bisa mempelajari bahasa Jepang dimanapun kamu mau. Kamu juga bisa menonton anime, film , drama , atau mendengarkan musik jepang untuk belajar kata-kata baru. Belajar melalui anime, film , drama bisa menjadi salah satu pilihan kamu, karena kamu bisa belajar sambil menonton.

5. Pelajari Tata Bahasa


(source : bahasajepangasik.com)














Setelah sudah memahami huruf hiragana dan katakana hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memelajari tata bahasa. Dalam bahasa jepang sendiri tata bahasa yang digunakan cukup unik, karena berbeda dengan tata bahasa yang digunakan di bahasa Indonesia. Untuk itu, kamu harus memahami betul dengan benar bagaimana caranya membuat sebuah kalimat dengan menggunakan tata bahasa dalam bahasa jepang. Jika kamu sudah bisa memahami tata bahasa Jepang dengan baik, saya yakin ke depannya akan lebih mudah untuk kamu memahami bahasa Jepang

6. Praktik


(source : pixabay.com)






















Yup, 5 hal di atas akan menjadi sia-sia kalau kamu tidak praktikan dan lakukan. Kamu bisa  mulai dengan menghafal huruf hiragana dan katakana minimal 5 huruf perhari. Pastikan juga kamu mencatat dan menulisnya di buku catatan kamu ya agar menjadi semakin hafal. Pilihlah media yang bisa mendukung kamu dalam mempelajari bahasa Jepang. Selain itu pastikan juga kalau kamu memang niat untuk mempelajari bahasa Jepang ya!

Itulah kira-kira tips dan trik dari saya untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang dengan mudah. Kalau kamu ingin cepat bisa mempelajari bahasa Jepang secara intensif , kamu bisa mengambil kursus di beberapa lembaga bahasa yang ada di sekitar rumahmu atau kalau kamu ingin bisa mempelajari bahasa Jepang dengan santai, kamu bisa memilih untuk mempelajarinya secara autodidak. Jaa, Ganbatte-ne!

Comments

Kamu Mungkin Juga Suka

Review Drama Panda Judges the World (2020) : Mengungkap Kebenaran di Zona Abu-Abu

Review Drama Jepang Legal V (2018)

Enak-Engganya Punya Badan Tinggi

Review Drama Crisis : Special Security Guard (2017)