Tipe-Tipe Jamaah Sholat Tarawih

(source : http://rukun-islam.com/niat-sholat-tarawih-imam-dan-makmum)

Halo apa kabarnya? Kebetulan pada saat bulan ramadhan ini saya mau membahas mengenai tipe-tipe jamaah pada saat sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan salah satu sholat sunnah yang sebaiknya kamu lakukan bagi yang muslim di setiap malam pada bulan Ramadhan. Biasanya terdapat beberapa tipe-tipe jamaah sholat tarawih yang ada di masjid. Pada awalnya masjid penuh, namun di saat  malam pertengahan menuju terakhir masjid menjadi sepi. Berikut tipe-tipe jamaah sholat tarawihnya.

1. Full Time


(source : pressandjournal.co.uk)

Tipe pertama ini biasanya menjadi tipe untuk kalangan bapak-bapak atau ibu-ibu serta remaja yang ada di masjid. Ciri-ciri tipe ini sendiri bisa kita lihat , selalu hadir di masjid dari awal malam tarawih dimulai sampai dengan tarawih terakhir berlangsung.

2. Half Time


(source : vectorstock.com)

Tipe yang kedua adalah tipe yang biasanya selalu hadir di awal, namun ketika memasuki pertengahan malam tarawih sampai dengan akhir biasanya males untuk lanjut tarawihnya. Gatau kenapa, mungkin sudah mempunyai kesibukan lainnya.

3. On Time


(source : kupasinggris.blogspot.com)

Tipe ini adalah tipe jamaah yang ada di masjid duluan sebelum sholat isya dimulai. Biasanya jamaah ini dateng karena takut engga kebagian shaf paling depan , jadinya dia dateng duluan sebelum adzan dimulai.

4. Isya-an di rumah


(source : merdeka.com)

Tipe yang ini adalah tipe jamaah yang melakukan sholat isya di rumah. Mungkin karena habis pulang kerja jadi engga sempat sholat isya di masjid, jadinya sholat di rumah dan melanjutkan tarawih nya di masjid

5. Tipe Iseng

(source : webtoons.com)

Nah kalo tipe ini biasanya pelakunya anak kecil. Tapi waktu saya masih SMP dulu juga pernah seperti ini nih. Temen saya yang lagi sholat sarungnya saya tarik, kalo engga sajadahnya saya lipet haha. Pokoknya diisengin deh pas sholat. Tipe ini merupakan salah satu tipe yang tidak cocok untuk ditiru ya teman-teman :D

6. Setengah Rakaat Pulang

Tipe yang ini adalah tipe jamaah yang biasanya di rakaat kelima atau keempat pulang dan bubar. Padahal sangat disayangkan sekali nih. Ini yang biasanya membuat masjid cepat sepi hehe

7. Witir di Rumah

Tipe ini hampir sama dengan yang setengah rakaat pulang. Hanya saja tipe ini pulang ketika hendak ingin sholat witir dan mengerjakan witirnya di rumah saja. Sayang juga nih tanggung padahal sholat witir di masjid lebih Barokah.

Jadi, menurut saya seperti itulah, tipe-tipe jamaah sholat tarawih yang saya tau. Kalau kamu sendiri termasuk sama tipe yang mana nih hehe. Yang manapun kamu, yang terpenting adalah menjadi jamaah yang istiqamah untuk melaksanakan sholat tarawihnya , apalagi pada saat bulan Ramadhan ini. Semoga kita bisa melewati bulan Ramadhan ini dengan lancar dan penuh berkah, amin.

Comments

  1. yang nomor 7 bener banget. biasanya saya yg iseng dan kadang juga diisengin wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Wah gue akhir-akhir ini lagi jadi orang yang nomor 4. Huhuhu bener banget karena emang gak sempet, jadinya di rumah deh.
    Eh salam kenal yaa. Pertama kali main ke snii nih. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp sob yg penting mah masih bisa ikut sholat haha,wah iya salam kenal juga.Thanks juga udah mau mampir ya :D

      Delete

Post a Comment

Kamu Mungkin Juga Suka

Review Drama Panda Judges the World (2020) : Mengungkap Kebenaran di Zona Abu-Abu

Review Drama Crisis : Special Security Guard (2017)

Review Drama Jepang Legal V (2018)

Memanfaatkan Sosial Media dengan Bijak