Mengenal Digital Marketing

(source)


Apa kamu pernah mendengar kata Digital Marketing? Atau kamu masih merasa asing dengan kata tersebut? Sebenarnya apa sih digital marketing itu, mari kita bahas bersama-sama. Digital marketing adalah sebuah cara pemasaran yang dilakukan oleh seseorang secara digital melalui internet. Dengan berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi semua orang mulai melakukan kegiatan pemasaran melalui digital dan internet. Saat ini, digital marketing merupakan salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang untuk melakukan bisnis. Apa digital marketing hanya digunakan untuk bisnis aja? Tentu saja tidak. Digital marketing bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran tidak hanya untuk bisnis. Kamu bisa menggunakan digital marketing untuk membangun persona (personal branding) menjadi content creator , membuka pekerjaan di bidang digital marketing (agency,startup,dll) entrepreneur. Melihat perkembangan teknologi ke depan, mempelajari ilmu digital marketing sangatlah menjanjikan. Kenapa? Karena digital marketing merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kamu bisa melakukan tanpa harus melakukan tatap muka.


Peluang Digital Marketing di masa mendatang?

Digital marketing kini dan nanti akan tetap selalu dibutuhkan dan dicari oleh orang banyak. Hal ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.






Melihat dari data yang dikeluarkan oleh Hootsuite pada awal tahun 2021, kita bisa melihat bahwa pengguna internet di Indonesia saja berjumlah 202,6 juta dari total jumlah populasi penduduk Indonesia 274,9 juta. Selain itu pengguna aktif media sosial 170 juta dan pengguna mobile / handphone berjumlah 345,3 juta. Dengan melihat data di atas saja, kita bisa menyimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia sangat aktif dalam menggunakan media sosial dan juga smartphone-nya. Digital marketing bisa masuk dan menjadi peluang menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk diterapkan langsung dalam hal bisnis.

Terus kalau kita udah tahu penduduk Indonesia sangat aktif di internet dan banyak yang aktif main media sosial, peluang apa yang bisa kita praktekan langsung?


1. Content Creator


Kalau kamu masih muda dan senang membuat konten. Saya sarankan kamu untuk menjadi seorang konten kreator. Kamu pasti kenal dong nama-nama besar seperti Raditya Dika, Deddy Corbuzier, Fadil Zaidi, Jerome Polin, dan Chef Arnold. Mereka semua merupakan seorang konten kreator yang ahli di bidangnya masing-masing. Saran saya, kamu bisa mulai dengan membuat konten yang kamu senangi dan menjadi passion kamu. Kamu suka masak? Coba buat video atau bagikan tips tentang resep favorit kamu. Kamu suka main gim? Kamu bisa buat rekaman kamu bermain gim dan diupload ke youtube. Kamu suka buat sketsa video pendek lucu? Kamu bisa rekam dan tunjukan hasil karyamu di media sosial kamu. Tetapi, menjadi seorang konten kreator bukanlah hal yang mudah dan instan, untuk bisa mendapatkan nama besar dan fans kamu sendiri dibutuhkan proses yang sangat panjang. Ketika kamu baru mulai mungkin belum banyak yang notice kamu, itu gapapa. Teruslah buat karyamu sendiri pasti lama-kelamaan karya itu nanti akan berbuah manis. Seorang konten kreator juga butuh yang namanya digital marketing. Salah satunya digunakan untuk personal branding. Personal branding adalah sebuah persepsi yang diberikan oleh masyarakat mengenai apa yang kita tampilkan. Personal branding bisa kita bentuk dan tampilkan di konten yang akan kita buat. Misalnya, apa yang akan kamu katakan ketika kamu mendengar nama Raditya Dika? Humoris , lucu karena komedian , minimalis karena bajunya itu-itu aja. Kalau untuk brand misalnya, apa yang akan kamu katakan kalau kamu mendengar kata Apple? Mahal, Iphone , keren , pasti yang punya apple orang kaya, kameranya bagus. Lihat kan? itu semua bisa terbentuk karena adanya personal branding yang dibuat oleh seseorang ataupun brand.



2. Bisnis



Kedua, kamu bisa gunakan digital marketing untuk bisnis. Bisnis apa aja sih yang bisa pake digital marketing? Kalian pasti tahu dong Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak. E-commerce besar seperti yang saya sebut tadi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh seseorang untuk melakukan bisnis digital marketing-nya. Bukan hanya itu saja sebenarnya, digital marketing juga mencakup media sosial (Instagram,Facebook,Whatsapp,Tiktok), website, SEO, SEM dan masih banyak lagi. Digital marketing sendiri terbagi menjadi 2 jenisnya, ada yang berbayar (paid) dan juga ada yang gratis (organic). 

Digital marketing berbayar (paid ads) ; SEM (search engine marketing,facebook ads, instagram ads, tiktok ads, google ads, youtube ads) intinya kalau kamu pakai digital marketing ads ini kamu diharuskan untuk mengeluarkan budget (uang) dalam penggunaannya

Digital marketing gratis (organic) ; SEO (search engine optimization biasa digunakan dalam website)

Penggunaan digital marketing berbayar (ads) ataupun gratis bisa kamu sesuaikan dengan produk yang sedang kamu jual.



3. Agency/Startup

Ketiga, digital marketing membuka peluang yang sangat besar untuk seseorang membuka agency atau perusahaan startupnya sendiri. Kalau untuk agency sendiri biasanya mereka fokus dalam bidang (influencer / KOL marketing, personal branding, SEO/SEM , Social Media, Advertisement, dll) Sedangkan untuk startup sendiri saat ini banyak bermunculan startup yang menyediakan layanan digital marketing untuk perorangan maupun untuk perusahaan. 


Tantangan Digital Marketing

Dalam bidang digital marketing tentu saja terdapat beberapa tantangan yang harus kamu hadapi, beberapa tantangannya adalah sebagai berikut ;


1. Algoritma yang terus berubah (perkembangan media sosial tentu saja membuat algoritma terus berubah-ubah, hari ini mungkin A tetapi mungkin minggu depan atau bulan depan sudah menjadi B atau C)


2. Tools yang sangat banyak (salah satu tantangan bekerja dalam bidang digital marketing adalah terdapat banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan, untuk kamu yang baru pertama kali menyelami dunia digital marketing pasti akan kebingungan dan kesulitan)


3. Trend yang berubah cepat (mungkin hampir mirip dengan perubahan algoritma dalam media sosial, karena digital marketing sangatlah luas kita tidak mungkin bisa mengikuti semua trend yang ada, terutama yang ada di media sosial media seperti twitter, instagram dan juga tiktok. salah satu cara mengatasinya memang kita harus terus up to date)


Gimana nih? Sudah tahu dan punya gambaran mengenai apa itu digital marketing belum? Tulisan diatas hanyalah bagian kecil dari banyaknya ilmu digital marketing yang saya bahas. Kalau misalnya kamu ingin mempelajari dunia digital marketing. Saran saya kamu kuasai satu media sosial yang paling kamu sukai terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi pondasi untuk kamu jika nantinya ingin lompat ke media sosial lainnya. Selain itu kamu bisa memperhatikan trend apa yang hari ini sedang populer. 


Comments

Kamu Mungkin Juga Suka

Review Drama Panda Judges the World (2020) : Mengungkap Kebenaran di Zona Abu-Abu

Review Drama Jepang Legal V (2018)

Memanfaatkan Sosial Media dengan Bijak

Review Drama Crisis : Special Security Guard (2017)